Tuesday 21 April 2015

4 Fungsi Situs Web

http://belajarinternet-hm.blogspot.com/2015/04/4-fungsi-situs-web.htmlMungkin anda sudah mengenal apa itu situs web. Situs web adalah hasil penyajian file HTML yang ada di internet. Hampir atau bahkan semua isi internet adalah situs web.  Saat ini jumlah situs web sudah melebihi kurang lebih 1 milyar. Kita banyak mengenal situs web seperti facebook, wikipedia, google dan sebagainya. Namun apakah anda tahu apa fungsi situs web tersebut? Dalam pembuatanya ternyata situs web di golongkan menjadi 4 fungsi. Lalu apa keempat fungsi tersebut?

Secara umum situs web mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. Fungsi Komunikasi
Situs web yang mempunyai fungsi komunikasi pada umumnya adalah situs web dinamis. Karena dibuat menggunakan pemrogaman web (server side) maka dilengkapi fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi, seperti web mail, form contact, chatting, forum dan lainya.

2. Fungsi Informasi
Situs web yang memiliki fungsi informasi pada umumnya lebih menekankan pada kualitas bagian kontenta karena tujuan situs tersebut adalah menyampaikan isinya. Situs ini sebaiknya berisi teks dan grafik yang dapat didownload dengan cepat. Pembatasan penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak seperti Shockwave dan Java diyakini sebagai langkah yang tepat, diganti dengan fasilitas yang memberikan fungsi informasi seperti News, Profile Company, Library, Reference dan lain-lain.

3. Fungsi Entertainment
Situs web juga dapat memiliki fungsi enterainment/hiburan. Bila situs web kita berfungsi sebagai sarana hiburan maka penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak dapat meningkatkan mutu presentasi desainya, meski tetap harus mempertimbangkan kecepatan downloadnya. Beberapa fasilitas yang memberikan fungsi hiburan adalah game online, film online, musik online dan sebagainya.

4. Fungsi Transaksi
Situs web dapat dijadikan sarana transaksi bisnis, baik barang, jasa atau lainya. SItus web ini menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, transfer ataupun dengan membayar secara langung (Cash On Delivery).

Dan itulah keempat fungsi situs web, semoga bermanfaat dan juga menambah pengetahuan anda. Oo, ya jangan lupa mampir ke post lainya. Sampai jumpa!!

1 komentar:

  1. yeeep.. website banyak fungsinya :D
    yuk yang mau free web hosting dari jaringanhosting bisa langsung sign up kesini : http://jaringanhosting.com/Indonesia-Blog-Hosting-Gratis

    ReplyDelete