Monday, 16 March 2015

Cara Belajar Membaca Alquran dengan Benar dan Cepat | Doni Blog

Assalamu’alaikum Wr. Wb. 

Didalam bln. Ramadhan 1431 H ini sebaiknya bila saya sharing sedikit pengetahuan perihal cara belajar membaca alquran dengan benar dan cepat. Berikut sedikit uraian singkat dari saya tentang bagaimanakah cara agar kita dapat membaca alquran dengan benar. Ada 5 hal utama yang perlu di perhatikan agar dapat membaca alquran dengan baik dan fasih. 

Cara Belajar Membaca Alquran dengan Benar dan Cepat
Cara Belajar Membaca Alquran dengan Benar dan Cepat
  1. Pertama-tama kita mesti dapat membaca huruf hijaiyyah yang sejumlah 28 huruf. Sama dengan bila kita akan belajar membaca bhs indonesia. bila kita mengetahui dan dapat membaca 28 huruf hijaiyyah dengan benar, hal semacam ini adalah modal paling utama kita untuk dapat membaca alqur’an, lantaran isi alquran yaitu bacaan yang didalamnya tersusun dari 28 huruf hijaiyyah. 
  2. sesudah faham dan dapat membaca huruf hijaiyyah dengan fasih, bagian setelah itu yaitu pelajari sinyal baca, yakni, fathah, kasrah, dan dhommah. Sama dengan belajar berbahasa indonesia, tiga sinyal baca yang dijelaskan tadi serupa perihal dengan huruf vokal yang ada di bhs indonesia. 
  3. kuasai atau sekurang-kurangnya mengetahui tentang isyarat baca didalam alquran. di dalam tata cara membaca alquran terdapat beberapa isyarat sinyal baca, seperti, Mad Arid Lissukun, Mad Harus Muttasil, dan lain-lain. Isyarat baca ini memanglah tak kerap nampak didalam alquran, frekwensi kehadirannya sedikit, tetapi hal semacam ini utama di perhatikan dan dipelajari lantaran bila tak kita belum dapat disebutkan fasih membaca alquran bila tak memerhatikan isyarat baca ini. 
  4. yang ke-4 yaitu mengetahui dan kuasai tehnik membaca alquran, seperti Idgham, Qalqolah, dan lain-lain. Idgham yaitu tehnik membaca dengung, seperti bila ada huruf hijaiyyah “nun” mati bersua dengan “Mim”. Bila kita temukan kalimat ini jadi tehnik membacanya mesti dengung, bisa pula disebutkan Idgham Bighunnah. 
  5. Tips paling akhir yaitu “praktek”. Seorang akan tidak dapat membaca alquran dengan fasih bila tak pernah mempraktekkannya. Bacalah Alquran dengan cara teratur, saat sebelum saat masuk subuh atau sesudah maghrib yaitu saat yang bagus untuk membaca alquran. Perlu diingat, bila kita masih tetap belum fasih dalam membaca alquran, sebaiknya bila ada yang menuntun anda selama kita membaca alquran, agar bila ada kekeliruan baca pendamping anda dapat membenarkan dan kita dapat langsung melakukan perbaikan kekeliruannya. 

Itulah sedikit Tips bagaimanakah cara belajar membaca alquran dengan benar dan cepat dari saya. Semoga sedikit banyak tulisan ini bermanfaat untuk yang membacanya. 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

1 komentar: