Monday 16 March 2015

Notulen ILK Episode: Rock 90’s Bukan Untuk Dikenang (Edisi 10 Maret 2015) | Doni Blog

Rock adalah produk dialoh antar budaya. Musik kaum putih Amerika berpadu dengan musik asal Amerika dan ditambah dengan musik pengiring tarian rakyat Irlandia yang sangat melodius.

Dan asal kita ketahui saja bahwa di tahun 1950-an, di Eropa khususnya di Belanda dikenal istilah Indo Rock; Indonesia Rock. Dan itu yang membawakan adalah Tielman Brother’s; empat orang bersaudara: Andy, Reggy, Phonton, dan Loulou yang ayahnya Herman Tielman adalah orang Kupang dari Indonesia. Dan dia dianggap grup rock yang jauh lebih dahulu dibanding The Beatles sekalipun.

Dan Andy adalah orang pertama yang memainkan gitar dengan menggunakan gigi, dengan memainkan gitar di belakang kepala atau dibelakang badan jauh sebelum Jimi Hendrix, Jimmy Page, dan Ritchie Blackmore. Jadi, rock bukan barang asing di Indonesia. Jika dibuka ruang dialoh, rock akan kembali jaya di Indonesia.
Keberagaman itu indah, selera beragam itu indah. Jangan paksakan untuk seragam jika kita masih ingin melihat indahnya pelangi warna-warni musik Indonesia.
Jadi, let’s Rock! Teruslah menggelinding! (Maman Suherman)

0 komentar

Post a Comment